Sharing dan Diskusi Best Practice Peran Pengawasan Internal pada Pengelolaan Keuangan PTN BLU: SPI Unsika dengan SPI Undiksha


SPI Unsika - SPI Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) berkunjung ke SPI Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) pada Rabu, 12 Juni 2024 untuk melaksanakan kegiatan diskusi.

Dalam kesempatan ini, Prof. Dr. Komang Setemen, S.Si.,M.T. selaku Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama bersama I Wayan Krisna Eka Putra, S.Pd.,M.Eng. selaku Ketua SPI Universitas Pendidikan Ganesha menyambut baik kehadiran SPI Universitas Singaperbangsa Karawang di Gedung Rektorat Universitas Pendidikan Ganesha.

Tujuan dilakukannya kegiatan diskusi ini adalah untuk meningkatkan kinerja Satuan Pengawas Internal di Universitas Singaperbangsa Karawang.

Selain hal tersebut dalam laporannya, Ketua SPI Universitas Singaperbangsa Karawang juga menyampaikan alasan utama mengapa kegiatan ini dilaksanakan.

"Kedatangan kami disini untuk melakukan diskusi perihal pengelolaan keuangan dengan pola BLU", lapor Ketua SPI Universitas Singaperbangsa Karawang Dr. Wahyu Donri Tinambunan, SH., M.Hum., CPIA pada kegiatan diskusi yang dilaksanakan di Gedung Rektorat Universitas Pendidikan Ganesha.


Pembahasan BLU menjadi poin penting dalam diskusi ini mengingat SPI Universitas Singaperbangsa Karawang dan SPI Universitas Pendidikan Ganesha merupakan PTN yang menyandang status BLU.

Berangkat dari hal tersebut, poin pembahasan pada kegiatan diskusi ini kemudian memuat beberapa pembahasan yaitu perihal best practice pengelolaan keuangan dan tata kelola BLU serta risiko yang mungkin timbul dan bagaimana fungsi dan tugas SPI dapat berkontribusi   dalam pencapaian tujuan Universitas yang sejalan dengan risk appetite Universitas.

"SPI Undiksha menerapkan dua pola pengawasan, pertama yaitu pengawasan yang dilakukan secara bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan dan yang kedua pengawasan dilakukan ketika pelaksanaan kegiatan telah selesai dilaksanakan", jelas Ketua SPI Undiksha I Wayan Krisna Eka Putra, S.Pd.,M.Eng. perihal peran SPI. 

Tidak berbeda dengan apa yang telah diterapkan oleh SPI Undiksha, kedua pola tersebut juga sudah diimplementasikan oleh SPI Unsika.

Berbagai kesamaan pelaksanaan tugas SPI ditemukan pada diskusi ini. Selain kesamaan, diskusi ini juga menemukan hal-hal yang dapat menjadi sebuah inspirasi kemajuan SPI Universitas Singaperbangsa Karawang dalam menjalankan tugasnya sebagai sebuah organ yang ada dalam Universitas yang menyandang status sebagai PTN-BLU.***